Faktor yang Mempengaruhi Harga dan Sumber Keuntungan Investasi Reksadana

semuatahu.web.id – Faktor yang Mempengaruhi Harga dan Sumber Keuntungan Investasi Reksadana. Pasti kamu pernah berpikir apa yang mempengaruhi harga NAB unit reksadana, hari ini naik dan besoknya kenapa turun atau kenapa harganya naik terus. Mungkin kamu malah berpikir dari mana sumber keuntungan investasi reksadana saya?. Hal yang wajar dipikirkan bagi orang yang baru membeli instrumen investasi reksadana. Jika kamu penasaran maka mari kita bahas satu-satu,ya.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Reksadana

Seperti kita ketahui reksadana adalah produk investasi yang berbentuk kumpulan dana yang dikelola oleh manajer investasi untuk dibelikan portofolio aset. Dalam reksadana harga yang dipakai adalah NAB / unit. NAB adalah harga satuan unit dalam membeli aset dalam portofolio yang dikelola manajer investasi . Harga / unit juga adalah nilai wajar reksadana tersebut dikurangi biaya operasional lalu dibagi dengan jumlah unit penyertaan yang diterbitkan oleh manajer inverstasi tersebut.

Harga NAB reksadana diupdate setiap hari bursa dan pada malam sekitar jam 8 malam.  Faktor yang mempengaruhi harga Reksadana yang jelas adalah aset yang terdapat dalam portofolio reksadana tersebut dan komposisi aset itu dalam reksadana.

Seperti Contoh Reksadana saham, hal yang mempengaruhi harga NAB reksadana saham adalah aset saham yang ada di dalam reksadana tersebut, saham apa saja yang top holding reksadana tersebut, komposisi saham dalam reksadana, deviden saham reksadana tersebut, saham apa saja yang naik dan turun harganya pada hari itu.

Pada reksadana obligasi, hal yang mempengaruhi harga NAB reksadana obligasi adalah  aset obligasi  di dalam produk obligasi itu sendiri. Berapa banyak obligasi pemerintah, berapa banyak obligasi korporasi, komposisi obligasi didalamnya, berapa banyak yang gagal bayar, berapa kupon bunga yang ditawarkan serta  yang mempengaruhi adalah suku bunga acuan Bank Indonesia. Saat suku bunga acuan  turun, maka otomatis harga obligasi akan naik. Jika suku bunga acuan naik, maka otomatis harga obligasi turun dan ini akan membuat NAB reksadana obligasi turun.

Baca juga: Pengertian, Jenis, Keuntungan Reksadana

Pada reksadana pasar uang, hal yang mempengaruhi  harga NAB reksadana pasar uang adalah aset deposito, bunga deposito, obligasi yang ada di dalamnya, berapa persen komposisi obligasi yang tenor dibawah 1 tahun dan berapa banyak deposito di portofolio. Sama dengan reksadana obligasi, faktor luar yang mempengaruhi adalah suku bunga acuan Bank  Indonesia.

Walaupun berbeda dengan reksadana obligasi, jika suku bunga acuan naik maka bunga deposito naik dan harga obligasi turun yang ada di dalam produk reksadana pasar uang. Sebaliknya jika suku bunga acuan turun, maka bunga deposito turun dan harga obligasi naik di dalam produk reksadana pasar uang. Secara garis besar mau suku bunga acuan Bank  Indonesia naik atau turun, NAB reksadana pasar uang akan naik. Karena komponen aset reksadana pasar uang adalah deposito dan obligasi saling melengkapi.

Pada reksadana campuran, harga NAB reksadana sepenuhnya tergantung komposisi portofolio tersebut berapa saham, deposito, dan obligasi di dalamnya. Harganya naik dan turun tergantung komposisi dalam portofolio mana yang memiliki komposisi terbesar. Jadi semakin besar komposisinya dalam portofolio manajer investasi, maka semakin menjadi faktor berpengaruh dalam mempengaruhi harga NAB reksadana campuran.

Baca juga: Cara Memilih Reksadana yang Cocok dan Tepat Buat Kamu

Sumber Keuntungan Investasi Reksadana

Sumber Keuntungan Investasi Reksadana secara garis besar tergantung pada reksadana tersebut. Jika itu reksadana pasar uang, maka keuntungan investasi didapatkan dari kenaikkan harga saham yang bergerak sesuai kinerja dan sentimen pasar pada saham tersebut serta dividen yang diberikan saham perusahaan tersebut.

Jika itu reksadana obligasi, sumber keuntungan adalah dari kupon bunga obligasi tersebut serta kenaikkan harga obligasi yang ada  di pasar sekunder. Pada reksadana pasar uang, sumber keuntungan dari kenaikkan harga obligasi dipasar sekunder, pembayaran kupon bunga obligasi jangka pendek dan suku bunga deposito. Pada reksadana campuran, sumber keuntungan adalah bersumber dari ketiga aset yang didalamnya  kenaikkan harga saham, suku bunga deposito dan kupon dan kenaikkan harga obligasi.

Jika kamu tertarik membeli reksadana dan belum pernah mendaftar pada aplikasi reksadana bibit . Kamu bisa cari aplikasi di play store atau IOS store atau bisa dengan klik link ini. Dapatkan cashback Rp 25,000 dari bibit dengan memasukkan kode semuatahunabungreksa pada saat melakukan pendaftaran.

Itulah Faktor yang Mempengaruhi Harga dan Sumber Keuntungan Investasi Reksadana. Terima kasih telah membaca di semuatahu.web.id dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.

 

Tinggalkan komentar