Hiatus Adalah Hal Yang Sering Dilakukan Para Artis Di Dunia Hiburan

By | August 9, 2020

semuatahu.web.id –  Hiatus Adalah Hal Yang Sering Dilakukan Para Artis Di Dunia Hiburan – Istilah hiatus mungkin akan asing bagi beberapa orang. Namun istilah ini sudah umum dikalangan para artis. Baik artis dalam negeri maupun artis luar yang notabene memiki populaitas yang tinggi. Meskipun demikian, hiatus ini juga sering digunakan di dunia kerja. Lantas sebenarnya apa makna dari hiatus ini?

Secara harfiah, makna dari hiatus adalah jeda waktu, yang biasanya ditentukan oleh si pengguna istilah itu sendiri. ada juga yang mengartikan hiatus sebagai waktu break (istirahat) sementara untuk beberapa waktu yang sudah ditentukan. Yang pada intinya pada jarak tersebut, seseorang yang terlibat dalam sesuatu (kerja atau artis) akan berhenti sementara pada waktu yang sudah di tentukan sebelumnya.

Beberapa Pengertian Lain Dari Hiatus

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata hiatus bermakna peralihan yang terjadi diantara dua pasang monoftong yang saling berdampingan, yang membentuk dua suku, dimana suku tersebut berurutan tanpa jeda ataupun konsonan antara. Sedikit membingungkan mungkinjika anda melihatnya dari definisi yang anda di KBBI.

Sedangkan di Wikipedia dikatakan bahwa pengertian hiatus sama dengan yang ada di KBBI. Namun jika anda mengetiknya pada google translate, anda akan mendapati arti hiatus adalah tempat kosong dan selang atau kekosongan.

Ada beberapa orang yang tidak bisa membedakan antara hiatus dan vakum. Dimana kedua hal ini memiliki perbedaan dari segi waktu. Hiatus merupakan jeda atau kekosongan yang waktunya sudah jelas dan sudah ditentukan. Sementara vakum adalah berhenti dari sebuah aktifitas dengan batas waktu yang belum ditentukan. Bisa saja hanya sementara atau bisa juga selamanya.

Penyebab Terjadinya Hiatus Di Kalangan Artis

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan beberapa artis baik dalam maupun luar negeri melakuakn hal ini. Dimana pada dasarnya hiatus adalah sebuah hal yang wajar dan sah-sah saja dilakukan selama hal itu menjadi keputusan dari si pelakunya sendiri. nah, menurut beberapa sumber, penyebab utama hiatus adalah :

Istirahat atau liburan

Dunia keartisan mungkin bagi masyarakat umum terlihat enak dan menyenangkan. Namun sejatinya tidak seperti itu yang mereka rasakan. Sebab tuntutan yang berat acap kali membuat mereka merasa lelah untuk menjalaninya. Belum lagi jika didalam projeknya ada konflik yang terjadi, tentu akan menambah kejenuhan dari artis tersebut.

Keputusan hiatus adalah keputusan terbaik untuk sejenak beristirahat dan mengambil liburan untuk menyegarkan kembali fikiran. Apalagi artis yang selalu dikejar deadline striping sebuah film, tentu akan lebih berpotensi untuk melakukan hal ini jika proses pembuatan film sudah usai.

Mengurus keluarga

Banyak artis yang kemudian melakuakan hal ini saat mereka sudah membangun rumah tangga dan memiliki anak. Sebab sangat sulit untuk membagi waktu antara pekerjaan dengan keluarga, maka mereka memutuskan untuk hiatus. Namun, karena ini hanya bersifat sementara, berarti ada kemungkinan mereka kembali ke dunia keartisan setelah semua kondisi bisa dikendalikan.

Dalam dunia kerjapun juga demikian, dimana faktor keluarga terkadang membuat beberapa dari mereka harus merelakan waktunya sejenak untuk jeda istirahat kerja. Pilihan untuk hiatus adalah pilihan yang mutlak harus dilakukan jika pertaruhannya adalah rumah tangga. Hal ini terutama dilakukan oleh kaum wanita yang notabene menjadi ibu rumah tangga.

Banyak haters

Dunia hiburan memang tak selamanya manis. Ada penggemar ada pula haters, dan semua itu memang bumbu dari kesuksesan yang dirasakan. Beberapa artis memang menanggapi haters dengan serius. Bahkan ada yang sampai membawanya ke jalur hukum. Dan saking seriusnya, kemudian mereka memutuskan untuk mengambil langkah ini sebagai cara untuk menenangkan diri.

Hiatus adalah keputusan yang memang ditentukan ole pribadi artis masing-masing. Namun sebagai penyebabnya, terkadang orang lain yang beperan untuk mempengaruhi.

Sakit

Ditengah perjalanan sebuah keartisan, tak jarang ditemukan seorang artis tiba-tiba jatuh sakit. Entah disebabkan karena saking padatnya jadwal atau bisa juga karena penyakit bawaan. Hal ini kemudian membuat artis tersebut mengambil jeda sejenak untuk melakukan perawatan terhadap sakit yang dideritanya. Hingga dia akan kembali saat sakit tersebut sudah sembuh dan terobati.

Melanjutkan studi

Banyak artis talent mudah dan berbakan yang mengisi ranah pertelevisian dalam maupun luar negeri. Dimana usia mereka sebenarnya masih usia sekolah, dan saat menjadi artis mereka membagi waktu antara pekerjaan dan sekolahnya. Banyak dijumpai salah satu alasan hiatus adalah untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Dan mereka banyak yang kembali menggeluti dunia keartisan setelah studi yang mereka lakukan selesai.

Menjalani wajib militer (artis Korea)

Di usia yang menginjak 21 tahun, para artis korea dari kalangan pria diwajibkan untuk mengikuti wajib militer (wamil). Hal ini memaksa mereka untuk melakukan jeda hingga wamil selesai selama 2 tahun. Karena wamil ini bagi masyarakat Korea adalah sebuah kewajiban yang membuktikan pangabdian seseorang terhadap negaranya.

Terjerat kasus

Baik di dunia kerja maupun dunia keartisan, kasus memang sudah menjadi sebuah asam garam yang harus dilalui. Tidak jarang sebuah kasus memang sengaja dibuat agar mendongkrak popularitas mereka. Namun terkadang kasus juga bisa menjadi boomerang yang mengakibatkan kerugian untuk mereka sendiri.

Hiatus adalah keputusan yang tepat yang harus diambil ketika seseorang terjerat kasus. Dimana biasanya, keputusan tersebut bukan hanya muncul dari diri seseorang tersebut, namun juga dari tim managemen artis atau rekan kerja yang ada. Sebab sebuah kasus bisa menghancurkan image dan citra seseorang yang bisa berimbas pada naungan yang dibawahinya.

Terhalang izin

Beberapa artis mengalami masalah pada izin yang harus dia minta sebelum melanjutkan karir pada dunia keartisan. Utamanya yang sudah berkeluarga, terkadang seorang istri atau bahkan suami tidak mengizinkan pasangannya untuk kembali kedunia hiburan dengan berbagai alasan. Bahkan tak jarang dari mereka yang akhirnya bercerai karena saling ngotot melanggar izin tersebut.

Di sisi lain, beberapa artis cilik juga mengalami hal senada. Dimana izin dari orang tua mereka terkadang membuat mereka harus melakukan jeda meninggalkan dunia keartisa sementara. Pada kasus ini, hiatus adalah alasan yang paling kuat yang memugkinkan para penggemar masig berharap mereka kembali setelah permasalahan selesai.

Keputusan hiatus pada dunia kerja maupun keartisan adalah keputusan yang mungkin terpaksa harus dilakukan. Mengingat dari beberapa penyebab yang sudah tersebut di atas, memang mengharuskan seseorang untuk melakukan hiatus.

Dalam hal ini bisa ditarik sebuah benang merah bahwa hiatus adalah sebuah hal yang mungkin perlu dilakukan. Selama penyebab seseorang melakukan hal tersebut masih bisa diterima dengan pemikiran yang logis. Terutama pada dunia hiburan yang notabene sarat dengan banyak masalah yang memungkinkan seorang artis melakukan hiatus ditengah popularitas keartisan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *