Pengertian Saham

semuatahu.web.id – Pengertian Saham dan Jenis Saham. Saat ini, jual beli saham sudah mulai banyak dikenal oleh masyarakat kita. Namun, meski sering dengar kata saham, tahukah kamu apa pengertian saham?. Dari beberapa sumber, saham sendiri diartikan sebagai sebuah dokumen yang memiliki nilai/harga yang mana menjadi sebuah identitas atau alat bukti hak aset kepemilikan suatu perusahaan.

Dengan kata lain, jika kamu membeli saham perusahaan maka secara otomatis kamu memiliki hak kepemilikan sebagian dari perusahaan yang kamu beli tersebut. Adanya bukti kepemilikan melalui pembelian saham maka seseorang telah mendapatkan sebagian hak aset atas perusahaan tersebut. Salah satunya yakni hak memiliki porsi pendapatan sesuai persentase dari saham yang telah dibeli.

Maka, tak heran jika cukup banyak orang dengan modal mencukupi kini mulai berlomba-lomba membeli saham atas suatu perusahaan tertentu. Jika kamu ada rencana membeli saham, sebaiknya kenali dulu jenis-jenis saham yang nantinya bisa kamu pertimbangkan mana jenis saham yang cocok untuk kamu jadikan investasi.

Jenis Saham

Secara umum, ada dua 4 jenis kategori saham, yakni saham berdasar kemampuan dan saham dari sisi kinerjanya.

1. Saham Berdasar Kemampuan Hak Tagih

Jenis saham ini terbagi menjadi dua kategori, antara lain yakni :

a. Jenis Saham Biasa

Jenis ini juga dikenal dengan istilah common stocks yang berarti klaim saham didasarkan atas keuntungan/laba dan kerugian dari suatu perusahaan. Sifat atau karakteristik dari saham biasa ini adanya aturan tertentu yang diberlakukan bagi para pemilik saham. Sehingga, bisa dikatakan sifat saham biasa terbatas.

Contohnya, jika kamu membeli saham sebuah perusahaan, lalu pada waktu tertentu saham tersebut mengalami kebangkrutan maka pemegang saham juga akan menanggung kerugian dengan nilai sepadan dari modal yang sebelumnya disetorkan.

b. Saham Preferen

Berbeda dengan saham common stock, saham preferen atau preferred stock justru labanya dibagi dalam porsi yang tetap. Aspek yang menguntungkan dari adanya saham ini adalah para pemegang saham adalah pihak yang mendapat prioritas utama saat pembagian laba dari kineja aset pada perusahaan tersebut.

2. Saham Berdasarkan Ruang/Aspek Performa

Ada beberapa macam tipe dari jenis saham berdasarkan performa. Antara lain sebagai berikut

a. Saham Blue Chip

Tipe perusahaan ini biasanya sudah menjadi aset perusahaan yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi bagi para investor. Hanya saja untuk harga saham per lembarnya tidak stabil.

b. Income Stocks

Di sisi lain, ada juga tipe saham pendapatan atau income stocks yang tak lain merupakan saham yang sanggup menjamin dividen tinggi akan tetapi memiliki potensi yang besar. Biasanya, para pemilik saham ini adalah mereka yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi saham.

c. Growth Stocks

Sementara itu, ada juga jenis saham yang memiliki persentase peningkatan pendapatan dinamis dan cepat dibanding tipe saham lain. Biasanya, dalam sehari saja, harga perusahaan dengan tipe saham berkembang seperti ini umumnya bisa mengalami kenaikan atau penurunan dalam satu hari. Selain ketiga jenis saham tersebut, ada juga jenis saham lain. Seperti emerging Growth Stock yang mana merupakan perusahaan dengan aset daya tahan tinggi,
tak terpengaruh kondisi ekonomi.

Ada juga defensive stocks yang tak lain merupakan jenis saham menguntungkan tak terpengaruh oleh kondisi resesi. Biasanya, perusahaan seperti ini bergerak pada industri kebutuhan pokok harian manusia. Sehingga, biasanya tipe saham dengan aset perusahaan yang memproduksi kebutuhan pokok manusia ini lebih disukai para investor pemula karena resikonya yang kecil meski keuntungannya tidak terlalu besar,

Itulah penjelasan tentang Pengertian Saham . Terima kasih telah membaca di semuatahu dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.

Tinggalkan komentar