Pengertian Sukuk

semuatahu.web.id – Pengertian Sukuk. Sukuk menjadi salah satu instrumen dalam investasi yang kini mulai banyak dilirik dan digemari oleh banyak orang. Nah, pengertian sukuk dalam investasi sendiri berupa surat bernilai yang mana menjadi sebuah bentuk atau wujud representasi dari kepemilikan aset oleh para investor melalui mekanisme pada proses penerbitan surat utang dengan prinsip syariah.Karena mekanisme atau instrumennya berlandaskan pada hukum syariat maka tak heran jika investasi sukuk juga disebut sebagai obligasi syariah.

Di sisi lain, sistem syariah dalam sukuk sendiri memiliki mekanisme cukup sederhana. Dimana, pemerintah dalam hal ini akan melakukan penarikan dana dari masyarakat yang berinvestasi. Kemudian, dana yang terkumpul tersebut nantinya akan disatukan atau dihimpun serta ditujukan untuk beberapa aspek keuangan yang sesuai dengan hukum syariah. Posisi investor dalam instrumen sukuk sendiri sebagai pihak yang memiliki hak atas kepemilikan manfaat aset, bukan surat utang sebagaimana obligasi (konvensional).

Daftar Isi

Perbedaan Sukuk dan Obligasi

Meski sama-sama sebagai investasi namun ada perbedaan mendasar antara sukuk dan obligasi yang kita kenal sebagai surat utang. Dari segi konsep sendiri, investasi sukuk memiliki unsur investasi yang mana menggunakan konsep bagi hasil yang berasal dari hak sertifikat kepemilikan pada suatu manfaat aset tertentu. Beda halnya dengan obligasi, perbedaanya terletak pada jenis sumber pengembalian dana. Dimana, dalam soal ini, para investor obligasi nantinya akan mendapatkan keuntungan berupa bunga atau kupon.

Jadi, dengan memahami letak perbedaan tersebut, jelas bahwa meski sama-sama dalam aspek hak kepemilikan namun untuk pendapatan atau pengembaliannya berbeda. Terlepas dari itu, resiko investasi sukuk sendiri juga kurang lebih memiliki bobot atau potensi resiko yang hampir sama dengan obligasi yang tak lain memiliki
persentase resiko yang sangat rendah. Hanya saja, secara mekanismenya, sukuk diterbitkan oleh fatwa MUI serta diawasi oleh pihak dewan syariah nasional.

Manfaat atau Keuntungan Investasi Sukuk

Dibandingkan dengan obligasi, tentu ada kelebihan dari investasi sukuk sebagai instrumen yang dijamin oleh UU, antara lain yakni :

1. Kepemilikan investor terhadap sukuk berstatus ritel dengan nilai yang lebih rendah serta untuk proses pencairannya pun terbilang mudah dan cepat.

2. Bagi penerbit, tentu saja sukuk bisa menjadi sumber modal yang cukup menjanjikan. Karena, hasil yang didapat dari penjualan sukuk tentunya bisa dimanfaatkan sebagai sumber modal oleh pihak perusahaan penerbit.

3. Sukuk yang diterbitkan oleh pihak pemerintah sudah termasuk dalam golongan surat berharga syariah negara yang mana memiliki persentase jaminan investasi yang sangat tinggi.

4. Keamanan juga terjamin mengingat telah dijamin oleh pemerintah, yang mana dalam soal ini dipegang oleh pihak Kemenlu.

5. Cocok dijadikan sebagai alat atau instrumen investasi jangka panjang tanpa bunga yang menguntungkan dan sesuai dengan syariat Islam. Dengan mempertimbangkan manfaat dan keuntungan dari sukuk tersebut, jelas
bahwa sukuk menjadi instrumen investasi yang memang sesuai dengan syariat Islam.

Artinya bahwa di dalam mekanisme kinerja investasi sukuk, tentu saja tidak ada yang namanya beberapa metode yang tak sesuai. Seperti riba dan bunga. Bukan tanpa alasan mengingat penghasilan dari sukuk tentu saja berasal dari nilai manfaat terhadap kepemilikan aset yang dijadikan investasi tersebut.

Disisi lain, dengan pengertian sukuk tersebut sudah barang tentu kamu bisa menjadikannya sebagai salah satu sumber pemasukan melalui mekanisme investasi yang jelas, terukur, aman, dan dijamin oleh pemerintah tanpa melanggar konsep maupun prinsip di dalam syariat Islam.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Sukuk . Terima kasih telah membaca di semuatahu dan semoga artikel ini bisa membantu kamu.

Tinggalkan komentar